Spanyol Akui Kemerdekaan Palestina dengan Berbagai Alasan

Published by admin on

Kabar Spanyol akui kemerdekaan Palestina disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Pedro Sanchez yang terpilih kembali dalam pemilu kali ini. Bahkan secara terang-terangan mengutuk serangan Israel.

Pada dasarnya, pengakuan tersebut menurut Sanchez sangat penting dilakukan oleh Uni Eropa. Terlebih negara Muslim sudah mengatakan bahwa negara barat tidak punya solidaritas sama sekali, akibatnya perdamaian kembali gagal.

Kondisi inilah yang membuat PM negeri matador tersebut merasa perlu untuk mendukung Palestina sebagai sebuah negara. Karena ada moral penting yang harus kembali dibangun agar peperangan bisa diminimalkan.

Spanyol akui kemerdekaan Palestina

Alasan Spanyol Akui kemerdekaan Palestina

Alasan utama mengapa negara tersebut menginginkan Uni Eropa mengakui negara Palestina adalah demi masa depan. Terutama untuk kepentingan geopolitik sehingga ke depan akan lebih mudah, mengingat situasi serba sulit.

Selain itu, secara geografis Spanyol sendiri memang dekat dengan Arab. Menariknya lagi adalah seluruh penduduknya, dari 47 juta masyarakatnya ternyata hampir 1,7 juta merupakan keturunan Arab.

Secara sejarah, memang punya keterkaitan dan catatan yang menjadi alasan mengapa mereka mendukung. Bila melihat pada tahun 700 sampai 1400an, beberapa kota di sana dibangun oleh tokoh muslim.

Menariknya, pembangunan itu berhasil sehingga negara tersebut menjadi seperti sekarang ini. Wajar bila Spanyol akui kemerdekaan Palestina secara penuh dan mutlak bahkan, sampai membela sedemikian rupa.

Sanchez juga sempat mengatakan, andai kata Uni Eropa menolak untuk ikut mendukung kemerdekaan itu dirinya tidak gentar. Mengakui Palestine sebagai sebuah negara yang utuh adalah kewajiban demi terciptanya perdamaian.

Konflik Kepentingan yang Akan Meluas

Alasan lain mengapa Spanyol akui kemerdekaan Palestina adalah demi menghindarkan beberapa kepentingan sehingga terciptanya perang besar. Kondisi ini telah menggerakkan sebagian negara untuk ikut berperang.

Terlebih lagi konflik Rusia-Ukraina belum juga selesai, hal itu menjadi sebuah keprihatinan. Bisa jadi dari dua konflik besar ini akan muncul keinginan untuk melakukan perang dunia ke 3.

Kondisi perang membuat stabilitas perekonomian akan terganggu. Pada akhirnya umat manusia sendiri akan menjadi korban dari konflik tersebut, kondisi tersebut tidak diinginkan oleh Sanchez.

Bila melihat negara Uni Eropa sudah ada 27 yang mengakui, bahwa Palestine sudah merdeka. Bahkan Swedia menjadi negeri pertama melakukan pengakuan tersebut tepatnya sejak tahun 2014.

Konflik dan peperangan memang harus segera dihentikan. Karena keadaan ini bisa menjadi titik awal bagaimana perang dunia ke 3 akan terjadi dan kondisinya lebih parah dalam sebelumnya.

Bila melihat dari Persatuan Bangsa Bangsa sebenarnya sudah ada 193 anggota mengakuinya. Jumlah cukup besar sebenarnya, tetapi sayang masih belum cukup kuat untuk menghindarkan serangan senjata kedua kubu.

Dengan Spanyol akui kemerdekaan Palestina sebenarnya bisa menjadi jalan bagus untuk terciptanya perdamaian di kawasan Timur Tengah, bukan hanya sebagai historisnya saja, melainkan asa kemanusiaan dan hak setiap individu.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *