Site icon Situs Berita Mancanegara Terpercaya

Henry Kissinger Meninggal di Usia 100 Tahun

Seorang tokoh diplomasi besar Amerika Henry Kissinger meninggal di usianya yang memasuki 100 tahun. Sebagai diplomat besar tentu saja ada berbagai kebijakan luar negeri dari AS yang membekas dalam sejarah dibuat oleh Henry.

Bahkan hingga usianya 100 tahun, masih aktif dalam berbagai pertemuan di gedung putih hingga menulis buku tentang gaya kepemimpinan. Tentunya Henry Kissinger merupakan tokoh yang memiliki pengaruh besar terutama bagi Amerika Serikat.

Meninggalnya Diplomat Besar Amerika Serikat

Henry Kissinger meninggal di kediamannya di Connecticut. Namun memang pihak keluarga tidak menjelaskan secara detail mengenai penyebab kematian diplomat ini, hanya diumumkan bahwa dirinya sudah meninggal pada usia 100 tahun.

Kissinger merupakan salah satu menteri luar negeri Amerika Serikat yang memiliki pengaruh besar dalam membentuk geopolitik dunia. Apalagi pada saat setelah perang dunia II memang perannya begitu besar bukan hanya bagi Amerika.

Meskipun prestasinya juga banyak, ternyata sebagai menteri luar negeri ada banyak kontroversi dibuatnya. Henry mendapat tuduhan telah melakukan pelanggaran hukum internasional karena diam-diam mengizinkan pengeboman di Kamboja.

Dengan berbagai kontroversi yang terjadi, tetapi Henry masih tetap mendapatkan anugerah Nobel Perdamaian tahun 1973. Penghargaan tersebut Kissinger dapatkan karena negosiasinya mampu mengakhiri perang di Vietnam.

Sebagai menteri luar negeri yang keras kepala dan percaya diri, tentu saja ada banyak jasanya dalam menghentikan berbagai konflik dari beberapa negara. Keahliannya dalam menciptakan perdamaian memang patut diacungi jempol.

Meskipun memang ada beberapa kesalahan yang kemudian menjatuhkannya, tetapi diplomat tersebut bukan seorang pribadi mudah menyerah. Sampai akhir hayatnya, tetap mengabdikan diri untuk pemerintahan sepenuh hati.

Reaksi Dunia Henry Kissinger Meninggal

Banyak juga tokoh dunia menunjukkan reaksinya terhadap berita meninggalnya Kissinger. Terutama bagi orang-orang yang mengenalnya dengan baik tentunya juga merasakan kehilangan setelah melihat berbagai perjuangannya.

Winston Lord sebagai mantan duta besar AS untuk China mengutarakan bahwa dunia telah kehilangan pejuang perdamaian tanpa kenal lelah itu. Bahkan Winston juga merasakan kehilangan teman sekaligus mentornya itu.

Mengenai Henry Kissinger meninggal, Kementerian Luar Negeri China menyatakan bahwa mendiang adalah sahabat baik China. Selain itu, juga merupakan pelopor dari hubungan baik antara China dan Amerika Serikat.

Menurut Charles Michel, selaku Presiden Dewan Eropa Kissinger adalah orang yang menentukan nasib beberapa peristiwa penting abad ini. Selain itu, juga ahli strategi yang memiliki perhatian sampai ke berbagai hal kecil sekalipun.

Begitu juga dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin sudah beberapa kali sempat bertemu dengan diplomat Amerika ini. Putin menyimpan banyak kenangan terutama kontribusi mendiang dalam penguatan keamanan dan perdamaian global. Negarawan hebat dan diplomat yang akan banyak dunia rindukan karena kebijaksanaannya. Itulah pendapat Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron. Berita Henry Kissinger meninggal membuat banyak orang mengenang kebaikannya.

Exit mobile version