Daftar Negara Transkontinental yang Ada di Dua Benua atau Lebih

Published by admin on

Daftar negara transkontinental atau negara lintas benua kini menjadi topik perbincangan mendunia. Pasalnya, beberapa wilayah tersebut letak geografis atau wilayahnya berada di dua benua atau lebih.

Transkontinental atau biasa disebut sebagai antar benua ini dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori umum, yaitu transkontinental bersebelahan, tidak bersebelahan, dan bergantung interpretasinya.

Daftar Negara Transkontinental

Berikut Daftar Negara Transkontinental

Dalam sebuah negara, idealnya hanya terletak pada satu benua saja. Namun kenyataannya, terdapat beberapa wilayah yang berada pada dua benua sekaligus bahkan lebih.

Negara yang berada pada dua benua atau lebih seringkali dijuluki sebagai Transkontinental. Lantas, Negara mana saja yang masuk pada daftar negara transkontinental?

1. Rusia

Rusia adalah Negara terbesar dengan wilayah tersebar pada Asia dan Eropa. Sebanyak 77 wilayah Rusia berada pada bagian Asia lalu sisanya berada di Eropa.

Pada pertengahan Benua Asia dan Eropa terdapat garis demarkasi, yaitu Pegunungan Ural, Sungai Ural, Selat Turki, serta Lereng Utara Pegunungan Kaukasus.

2. Kazakhstan

Kazakhstan adalah Negara tetangga Rusia serta masuk pada daftar negara transkontinental terbesar. Tapi dalam penyebaran Kazakhstan ini tidak dianggap sebagai Negara, sebab sebagian besar wilayahnya berada pada bagian Asia serta melintasi batas benua Asia Eropa.

3. Turki

Turki berada antara Laut Hitam Utara dan Laut Mediteania Selatan serta terdiri dari dua bagian benua. Bagian lebih besar biasa dikenal sebagai Anatolia atau Asia Kecil. Sedangkan, pada bagian Turki lebih kecil disebut sebagai Thrace. Adapun pada wilayah ini terdiri dari Yunani di bagian Barat dan Turki di bagian Timur.

Selain itu, Turki juga berbatasan dengan Bulgaria (Utara), Laut Hitam dan Selat Bosporus (Timur Laut dan Timur), Laut Marmara dan Selat Dardanella (Selatan). Dengan demikian, Turki mempunyai wilayah yang terletak di Asia dan Eropa.

4. Mesir

Mesir termasuk pada daftar negara transkontinental yang sebagian besar tanahnya terletak di Afrika Utara. Mesir adalah salah satu negara lintas benua antara Asia dan Afrika. Mesir membentang dari sudut Barat Laut Afrika Barat Daya Asia.

Sebagian kecil wilayah Mesir dikenal sebagai tanah Semenanjung Sinai. Semenanjung Sinai dianggap sebagai bagian dari Asia. Sementara, bagian Mesir lain dianggap terletak di Benua Afrika.

5. Amerika Serikat (AS)

Wilayah Amerika Serikat meliputi Alaska dan Amerika Serikat. Kedua wilayah ini terletak di Amerika Utara. Tapi Amerika Serikat mempunyai beberapa benda luar negeri yang bukan merupakan bagian dari Amerika Serikat.

Misalnya, AS Hawaii merupakan bagian dari Oseania yang diklaim sebagai benua di beberapa bagian dunia.

Selain itu, banyak wilayah Amerika Serikat juga masuk pada bagian Oseania, termasuk Samoa Amerika, Guam, Kepulauan Mariana Utara, dan beberapa pulau-pulau kecil lainnya.

6. Perancis

Perancis mempunyai banyak wilayah luar negeri serta tidak berada pada Benua Eropa. Adapun sebagian besar wilayahnya adalah wilayah pulau kecil, seperti Reuni di Afrika, Polinesia Perancis dan Kaledonia Baru di Oseania, dan Martinik di Karibia.

Selain itu, Guyana Perancis juga bagian dari wilayah luar negeri Perancis serta terletak di daratan Utara AS. Negara ini masuk pada daftar negara transkontinental.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *